Ketemu hantu di Cu chi tunnel ?

Pertama kali ke Ho Chi Minh ( Saigon ) ga boleh lewat nih main – main ke Cu chi tunnel yang legendaris, sarang pejuang Viet Cong agar tak ketahuan oleh tentara Amerika. Mereka membuat persembunyian bawah tanah seperti sarang tikus sepanjang 250 km sampai perbatasan kamboja. Gile bener ya… Pembangunanya sendiri dimulai dari tahun 40an sampai tahun 60an sekitar 25 tahun mereka membangun dengan alat-alat seadanya seperti cangkul dll.

Sudah ah cerita soal sejarahnya, aku cerita mengenai pengalaman perjalanna kesana ya. Ikut tour half day yang dimulai pagi hari di jemput di hotel dan pulang sekitar jam 5 sore, karena perjalanan dari Saigon kurang lebih 2-3 jam dengan medan jalan yang berbatu dan kurang nyaman pada masa itu ( 2014 ) semoga sekarang sudah bagus ya jalan-jalan disana. Biasanya satu paket berisi beberapa destinasi ( 3 tempat ) dan berakhir di Cu Chi tunnel.

Masuk area persembunyian pejuang Viet Cong ini langsung merinding disko bagaimana nggak secara banyak banget orang meninggal disini, dan lokasinya masih berupa hutan. Begitu masuk banyak digambarkan perkampungan tentara Amerika beserta patung-patung manekin yang bikin suasana makin seram. Sarang semut tempat pejuang menyerang dengan menggunakan bambu beracun, bagaimana mereka memasak, jebakan – jebakan untuk tentara amerika yang mematikan pokoknya seperti berasa di film Saw deh dimana sekali masuk perangkap kita bisa mati secara perlahan , sereem banget kan?

Tiba lah di salah satu lubang menuju persembunyian bawah tanah yang hanya berukuran sol sepatu booth, bagaimana mereka masuk kesana? Setelah tour guide ngasih contoh ternyata ada trik2 tertentu untuk bisa masuk kedalam dan saya pun mencobanya ternyata muaaaaat hahaha… ini ukuran asli lobang, untuk keperluan turis di berikan spot khusus dengan lobang yang lebih besar, aku juga ikut mencobanya suasanya di dalam sungguh gelap dan dingin karena memang tanah liat yang padat banget. sesekali terlihat cahaya lampu dengen pendar kecil sebagai penunjuk jalan.

Didalam banyak sekali jalur-jalur lain yang tidak boleh di lewati jangan sampe tersesat ya gaes… ukuran ketinggian dari lobang pas banget ketika kita jongkok sesekali bisa lebih rendah untuk melaluinya tidak mungkin lagi bisa berjalan jongkok mau ga mau harus menggunakan dengkul untuk berjalan, sungguh perjuangan banget deh apalagi buat kamu yang punya ketakutan di kegelapan dan ruang sempit disarankan jangan sekali – kali masuk.

Jarak yang hanya 20 meter itu tampak jauuuh banget, karena tekanan untuk terus maju dengan keterbatasan tenaga, nah waktu itu karena di dalam gelap banget kamu hanya bisa mengikuta teman / turis lain yang ada di depan kamu. Kebetulan aku tuh yang paling belakang jadi antara takut dan capek campur – campur bulu kuduk rasanya ga berehenti ngasih tahu kalo tempat ini serem banget. Setelah 5 menit untungnya lobang cahaya sudah terlihat  di depan lumayan bisa lega, ga tahu deh tadi ada yang ikut apa nggak kalo di bayangkan lagi rasanya bisa takut sendiri …

Ya begitulah gaes pengalaman aku masuk persembunyian bawah tanah para tentara Viet Cong kalo mau dapet feelingnya gimana, yuk coba deh kalo pas ke Saigon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *